Budaya Organisasi dan Manejemen di PT. Multi Nusantara Karya
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan YME atas berkat dan rahmat-Nya sehingga kami
dapat menyelesaikan makalah tentang budaya organisasi di Pt. Multi Nusantara
Karya. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Kami telah menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin.
Namun, kami menyadari bahwa masih ada kekurangan, baik dari segi susunan
kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, kami menerima segala saran dan
kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini. Kami berharap agar
makalah yang kami susun dapat bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi para
pembaca.
Penulis
Bab I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Didirikannya sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan yang
jelas. Ada beberapa hal yang mengemukakan tentang tujuan pendirian suatu
perusahaan. Tujuan perusahaan yang pertama adalah untuk mencapai keuntungan
maksimal atau laba yang sebesar-besarnya. Tujuan perusahaan yang kedua adalah
ingin memakmurkan pemilik perusahaan atau para pemilik saham. Sedangkan tujuan
perusahaan yang ketiga adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin
pada harga sahamnya. Seiring perkembangan dunia usaha sekarang ini, pertumbuhan
di bidang perekonomian, baik jasa ataupun sektor industri berkembang dengan
sangat pesat.
Begitu pun dengan PT. Multi Nusantara Karya. Perusahaan ini
didirikan pada tahun 2008. PT. Multi Nusantara Karya berperan untuk mengatur
operasional perusahaan, seperti pemasukan dan pengeluaran perusahaan, serta
bergerak dibidang properti dan pengelolaan gedung.
Dalam memasuki zaman yang serba bebas dengan sistem ekonomi
yang bebas dan terbuka dibutuhkan
pengelolaan perusahaan yang lebih kompleks, yang berimplikasi pada meningkatnya
kebutuhan praktik tata kelola usaha yang baik (good corporate governance) untuk
memastikan bahwa manajemen berjalan dengan baik. Perusahaan yang dikelola
dengan baik akan menumbuhkan keyakinan pihak-pihak eksternal dan memperoleh
kepercayaan dari pasar.
Oleh karena itu, kami tertarik untuk mencari tahu bagaimana
cara menejemen mengelola perusahaan ini agar dapat mencapai tujuannya dan
budaya organisasi apa yang diterapkan dalam perusahaan ini.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana
sejarah PT. Multi Nusantara Karya?
2. Apa visi dan
misi, serta nilai-nilai yang dijunjung oleh PT. Multi Nusantara Karya?
3. Apa saja
kualifikasi yang harus dipenuhi untuk dapat bergabung di PT. Multi Nusantara
Karya?
4. Apa saja tata
tertib yang berlaku di PT. Multi Nusantara Karya?
5. Bagaimana
budaya organisasi yang diterapkan PT. Multi Nusantara Karya?
6. Apa saja
perizinan yang telah diraih oleh PT. Multi Nusantara Karya?
C. Tujuan
1. Mengetahui
sejarah PT. Multi Nusantara Karya
2. Mengetahui visi
dan misi, serta nilai-nilai yang dijunjung oleh PT. Multi Nusantara Karya
3. Mengetahui
kualifikasi yang harus dipenuhi untuk dapat bergabung di PT. Multi Nusantara
Karya
4. Mengetahui tata
tertib yang berlaku di PT. Multi Nusantara Karya
5. Mengetahui
budaya organisasi yang diterapkan PT. Multi Nusantara Karya
6. Mengetahui
perizinan yang telah diraih oleh PT. Multi Nusantara Karya
Bab II
Pembahasan
1. Sejarah Perusahaan
PT. Benteng Teguh Perkasa didirikan pada tanggal 22 Oktober
1987. Kemudian, diambil alih oleh Lippo pada tahun 2008 dan direnovasi sekitar
tahun 2010-2011. Setelah itu Lippo membentuk sebuah perusahaan yang bernama PT.
Multi Nusantara Karya. Sampai sekarang, PT. Multi Nusantara Karya dan PT.
Benteng Teguh Perkasa berada di bawah naungan Lippo Group. Namun, kedua
perusahaan tersebut memiliki peranan yang berbeda. PT. Multi Nusantara Karya
berperan untuk mengatur operasional perusahaan, seperti pemasukan dan
pengeluaran perusahaan, serta bergerak dibidang properti dan pengelolaan
gedung. Sedangkan PT. Benteng Teguh Perkasa di bentuk untuk nama perizinan.
2. Visi, Misi, dan Nilai-Nilai Perusahaan
- Visi
Menjadi perusahaan yang mampu menumbuhkan kreatifitas,
inovasi, produktivitas dan mempunyai kualitas sumber daya manusia yang teruji
sehingga Perseroan akan lebih maju dan memberikan manfaat sebesar-besarnya
kepada seluruh Pemegang Saham, karyawan dan masyarkat pada umumnya.
- Misi
Meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan
kepuasan pada pelanggan.
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar menjadi
terampil dan memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan
professional dalam menghadapi tuntutan pelanggan yang semakin tinggi serta
mengjadapi persaingan yang semakin ketat.
Menjadi perusahaan perhotelan yang handal dengan menawarkan
pelayanan yang professional dan berkualitas kepada masyarakat Indonesia dan
masyarakat dunia pada umumnya.
Meningkatkan upaya pengembangan usaha baik di bisnis utama
Perseroan maupun bisnis lainnya sehingga mampu meningkatkan pendapatan
Perseroan secara signifikan.
- Nilai-nilai perusahaan
a) Fokus pada
pelanggan
b) Komitmen pada
pencapaian tujuan dan prestasi terbaik
c) Integritas
d) Kerja sama
e) Inovasi
f) Semangat
belajar
3. Kualifikasi Perusahaan
Dalam mencari karyawan, PT. Multi Nusantara Karya biasanya
menginformasikan lowongan pekerjaan yang tersedia melalui web perusahaan dan
mengadakan job fair. Untuk dapat bergabung dengan PT. Multi Nusantara Karya,
calon karyawan harus dapat memenuhi beberapa kualifikasi yang telah ditetapkan
oleh perusahaan. Kualifikasi tersebut diantaranya:
a) Pendidikan
minimal S1
b) Keahlian
dibidangnya
c) Siap
ditempatkan di seluruh mall Lippo
d) Usia mencukupi
rentang yang telah ditentukan.
e) Berpengalaman
minimal setahun
4. Tata Tertib Perusahaan
Tata tertib yang berlaku di PT. Nusantara Karya, yaitu:
a) Untuk bagian
menejemen, waktu kerja dimulai pukul 09.00 – 18.00, sedangkan untuk bagian
operasional, seperti satpam, ob, dan penjaga parkiran, berlaku sistem shift.
b) Pada hari Senin,
Selasa, dan Jum’at, karyawan diperbolehkan memakai baju bebas, namun rapi dan
sopan.
c) Pada hari Rabu,
karyawan diharapkan memakai baju batik.
d) Pada hari Kamis,
karyawan diwajibkan memakai seragam.
e) Diadakan senam
setiap dua minggu sekali, dilakukan setiap Jum’at sore.
5. Budaya Organisasi Perusahaan
Budaya organisasi di PT. Multi Nusantara Karya terbentuk
melalui peraturan yang telah ditetapkan oleh atasannya dan melalui perilaku
atasan yang dapat di tiru oleh bawahannya. Seperti atasan yang dengan senang
hati menyapa karyawannya, karyawan pun berasumsi bahwa di perusahaan ini tidak
ada kesenjangan yang berarti antara atasan dan bawahan, sehingga karyawan
meniru perilaku atasannya tersebut dengan berani untuk menyapanya saat
berpapasan.
Selain itu, perusahaan ini menganut esensi budaya organisasi
orientasi tim, dimana kegiatan kerja diorganisir dalam tim daripada individu.
Dengan demikian, menejemen lebih mempertimbangkan orang-orang yang mudah
berbaur dan dapat saling bertukar pikiran. Dalam perusahaan ini, HRD lah yang
berhak mengatur karyawan. HRD memonitori karyawan mulai dari absen, cara
berpakaian, sampai dengan rembes kesehatan.
Dengan berada di bawah naungan Lippo Group, khususnya Lippo
mall, PT. Multi Nusantara Karya terdiri dari 50 mall di Indonesia yang berpusat
di Karawaci. PT.Multi Nusantara Karya bekerja dalam satu peraturan yang disebut
SOP (Schedulled Operational Procedure), yaitu dimana setiap hari Sabtu dan
Minggu setiap atasan mendapat giliran untuk memantau dan menilai kinerja
karyawannya.
6. Perizinan Perusahaan
Setelah beberapa tahun berdiri, perusahaan ini telah
mendapat izin berdiri dari beberapa lembaga, diantaranya yaitu:
a) TDP (Tanda
Daftar Perusahaan)
b) SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
c) UUG
(Undang-Undang Gangguan)
d) Surat izin
domisili
e) SLF (Surat
Layak Fungsi)
f) IPAL (Izin
Pembuangan Air Limbah)
g) Izin reklame
h) IUPP (Izin Usaha
Surat Perdagangan)
BAB III
KESIMPULAN
PT. Multi Nusantara Karya merupakan perusahaan yang berada
di bawah naungan Lippo Group. Perusahaan ini di bentuk untuk mengatur
operasional perusahaan, seperti pemasukan dan pengeluaran perusahaan, serta
bergerak dibidang properti dan pengelolaan gedung.
Peraturan mengenai jam kerja di perusahaan ini mungkin
hampir sama seperti perusahaan lainnya, namun yang membedakan adalah peraturan
dalam penggunaan pakaian dan diadakannya senam setiap dua minggu sekali.
Budaya organisasi yang diterapkan di perusahaan ini ialah
orientasi tim, dimana kegiatan kerja diorganisir dalam tim dan orientasi
manusia, yaitu menejemen sangat mengutamakan kinerja karyawan. Dalam hal ini,
sarana dan prasarana karyawan sangat diperhatikan.
Lampiran:
Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5506.JPG
Gambar 1.1 Ruangan kerja karyawan.
Description: Macintosh
HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5505.JPG
Gambar 1.2 Ruang kerja karyawan
Foto bersama Legal Officer
Description: Macintosh
HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5508.JPG
Gambar 1.3 Ruangan receptionist
Description: Macintosh
HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5516.JPG
Gambar 1.4 Ruang tunggu atau Lobby
Description: Macintosh
HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5510.JPG
Gambar 1.5 Ruangan receptionist
Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5520.JPG
Gambar 1.6 Ruang tunggu atau Lobby
Description: Macintosh
HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5522.JPG
Gambar 1.7 Ruang tunggu atau Lobby
Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN
BalasHapusService Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Customs Clearance Port
Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.
Dote :
Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).
Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
PT. HOKA HOKI INDONESIA
Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
Email : andijm.logistics@gmail.com
Website : hokahoki.co.id
Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
Hp wa. 081908060678, 081385311679