Budaya Organisasi dan Manejemen di PT. Multi Nusantara Karya

Kata Pengantar

Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan YME  atas berkat dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang budaya organisasi di Pt. Multi Nusantara Karya. Tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Kami telah menyusun makalah ini dengan sebaik mungkin. Namun, kami menyadari bahwa masih ada kekurangan, baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu, kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini. Kami berharap agar makalah yang kami susun dapat bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca.


                                                                                                                                   

Penulis











Bab I
Pendahuluan

A.   Latar Belakang

 Didirikannya sebuah perusahaan tentu memiliki tujuan yang jelas. Ada beberapa hal yang mengemukakan tentang tujuan pendirian suatu perusahaan. Tujuan perusahaan yang pertama adalah untuk mencapai keuntungan maksimal atau laba yang sebesar-besarnya. Tujuan perusahaan yang kedua adalah ingin memakmurkan pemilik perusahaan atau para pemilik saham. Sedangkan tujuan perusahaan yang ketiga adalah memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Seiring perkembangan dunia usaha sekarang ini, pertumbuhan di bidang perekonomian, baik jasa ataupun sektor industri berkembang dengan sangat pesat.

Begitu pun dengan PT. Multi Nusantara Karya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008. PT. Multi Nusantara Karya berperan untuk mengatur operasional perusahaan, seperti pemasukan dan pengeluaran perusahaan, serta bergerak dibidang properti dan pengelolaan gedung.

Dalam memasuki zaman yang serba bebas dengan sistem ekonomi yang bebas dan  terbuka dibutuhkan pengelolaan perusahaan yang lebih kompleks, yang berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan praktik tata kelola usaha yang baik (good corporate governance) untuk memastikan bahwa manajemen berjalan dengan baik. Perusahaan yang dikelola dengan baik akan menumbuhkan keyakinan pihak-pihak eksternal dan memperoleh kepercayaan dari pasar.

Oleh karena itu, kami tertarik untuk mencari tahu bagaimana cara menejemen mengelola perusahaan ini agar dapat mencapai tujuannya dan budaya organisasi apa yang diterapkan dalam perusahaan ini.


B.   Rumusan Masalah

1.     Bagaimana sejarah PT. Multi Nusantara Karya?
2.     Apa visi dan misi, serta nilai-nilai yang dijunjung oleh PT. Multi Nusantara Karya?
3.     Apa saja kualifikasi yang harus dipenuhi untuk dapat bergabung di PT. Multi Nusantara Karya?
4.     Apa saja tata tertib yang berlaku di PT. Multi Nusantara Karya?
5.     Bagaimana budaya organisasi yang diterapkan PT. Multi Nusantara Karya?
6.     Apa saja perizinan yang telah diraih oleh PT. Multi Nusantara Karya?

C.   Tujuan

1.     Mengetahui sejarah PT. Multi Nusantara Karya
2.     Mengetahui visi dan misi, serta nilai-nilai yang dijunjung oleh PT. Multi Nusantara Karya
3.     Mengetahui kualifikasi yang harus dipenuhi untuk dapat bergabung di PT. Multi Nusantara Karya
4.     Mengetahui tata tertib yang berlaku di PT. Multi Nusantara Karya
5.     Mengetahui budaya organisasi yang diterapkan PT. Multi Nusantara Karya
6.     Mengetahui perizinan yang telah diraih oleh PT. Multi Nusantara Karya




Bab II
Pembahasan

1.    Sejarah Perusahaan

PT. Benteng Teguh Perkasa didirikan pada tanggal 22 Oktober 1987. Kemudian, diambil alih oleh Lippo pada tahun 2008 dan direnovasi sekitar tahun 2010-2011. Setelah itu Lippo membentuk sebuah perusahaan yang bernama PT. Multi Nusantara Karya. Sampai sekarang, PT. Multi Nusantara Karya dan PT. Benteng Teguh Perkasa berada di bawah naungan Lippo Group. Namun, kedua perusahaan tersebut memiliki peranan yang berbeda. PT. Multi Nusantara Karya berperan untuk mengatur operasional perusahaan, seperti pemasukan dan pengeluaran perusahaan, serta bergerak dibidang properti dan pengelolaan gedung. Sedangkan PT. Benteng Teguh Perkasa di bentuk untuk nama perizinan.



2.    Visi, Misi, dan Nilai-Nilai Perusahaan
    
  • Visi

Menjadi perusahaan yang mampu menumbuhkan kreatifitas, inovasi, produktivitas dan mempunyai kualitas sumber daya manusia yang teruji sehingga Perseroan akan lebih maju dan memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh Pemegang Saham, karyawan dan masyarkat pada umumnya.
    
  •   Misi

Meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan pada pelanggan.
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar menjadi terampil dan memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan professional dalam menghadapi tuntutan pelanggan yang semakin tinggi serta mengjadapi persaingan yang semakin ketat.
Menjadi perusahaan perhotelan yang handal dengan menawarkan pelayanan yang professional dan berkualitas kepada masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia pada umumnya.
Meningkatkan upaya pengembangan usaha baik di bisnis utama Perseroan maupun bisnis lainnya sehingga mampu meningkatkan pendapatan Perseroan secara signifikan.

  • Nilai-nilai perusahaan

a)     Fokus pada pelanggan
b)    Komitmen pada pencapaian tujuan dan prestasi terbaik
c)     Integritas
d)    Kerja sama
e)     Inovasi
f)     Semangat belajar



3.    Kualifikasi Perusahaan

Dalam mencari karyawan, PT. Multi Nusantara Karya biasanya menginformasikan lowongan pekerjaan yang tersedia melalui web perusahaan dan mengadakan job fair. Untuk dapat bergabung dengan PT. Multi Nusantara Karya, calon karyawan harus dapat memenuhi beberapa kualifikasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Kualifikasi tersebut diantaranya:
a)     Pendidikan minimal S1
b)    Keahlian dibidangnya
c)     Siap ditempatkan di seluruh mall Lippo
d)    Usia mencukupi rentang yang telah ditentukan.
e)     Berpengalaman minimal setahun


4.    Tata Tertib Perusahaan

Tata tertib yang berlaku di PT. Nusantara Karya, yaitu:

a)     Untuk bagian menejemen, waktu kerja dimulai pukul 09.00 – 18.00, sedangkan untuk bagian operasional, seperti satpam, ob, dan penjaga parkiran, berlaku sistem shift.
b)    Pada hari Senin, Selasa, dan Jum’at, karyawan diperbolehkan memakai baju bebas, namun rapi dan sopan.
c)     Pada hari Rabu, karyawan diharapkan memakai baju batik.
d)    Pada hari Kamis, karyawan diwajibkan memakai seragam.
e)     Diadakan senam setiap dua minggu sekali, dilakukan setiap Jum’at sore.


5.    Budaya Organisasi Perusahaan

Budaya organisasi di PT. Multi Nusantara Karya terbentuk melalui peraturan yang telah ditetapkan oleh atasannya dan melalui perilaku atasan yang dapat di tiru oleh bawahannya. Seperti atasan yang dengan senang hati menyapa karyawannya, karyawan pun berasumsi bahwa di perusahaan ini tidak ada kesenjangan yang berarti antara atasan dan bawahan, sehingga karyawan meniru perilaku atasannya tersebut dengan berani untuk menyapanya saat berpapasan. 

Selain itu, perusahaan ini menganut esensi budaya organisasi orientasi tim, dimana kegiatan kerja diorganisir dalam tim daripada individu. Dengan demikian, menejemen lebih mempertimbangkan orang-orang yang mudah berbaur dan dapat saling bertukar pikiran. Dalam perusahaan ini, HRD lah yang berhak mengatur karyawan. HRD memonitori karyawan mulai dari absen, cara berpakaian, sampai dengan rembes kesehatan.

Dengan berada di bawah naungan Lippo Group, khususnya Lippo mall, PT. Multi Nusantara Karya terdiri dari 50 mall di Indonesia yang berpusat di Karawaci. PT.Multi Nusantara Karya bekerja dalam satu peraturan yang disebut SOP (Schedulled Operational Procedure), yaitu dimana setiap hari Sabtu dan Minggu setiap atasan mendapat giliran untuk memantau dan menilai kinerja karyawannya.


6.    Perizinan Perusahaan

Setelah beberapa tahun berdiri, perusahaan ini telah mendapat izin berdiri dari beberapa lembaga, diantaranya yaitu:
a)     TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
b)    SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
c)     UUG (Undang-Undang Gangguan)
d)    Surat izin domisili
e)     SLF (Surat Layak Fungsi)
f)     IPAL (Izin Pembuangan Air Limbah)
g)     Izin reklame
h)    IUPP (Izin Usaha Surat Perdagangan)







BAB III
KESIMPULAN


PT. Multi Nusantara Karya merupakan perusahaan yang berada di bawah naungan Lippo Group. Perusahaan ini di bentuk untuk mengatur operasional perusahaan, seperti pemasukan dan pengeluaran perusahaan, serta bergerak dibidang properti dan pengelolaan gedung.

Peraturan mengenai jam kerja di perusahaan ini mungkin hampir sama seperti perusahaan lainnya, namun yang membedakan adalah peraturan dalam penggunaan pakaian dan diadakannya senam setiap dua minggu sekali.

Budaya organisasi yang diterapkan di perusahaan ini ialah orientasi tim, dimana kegiatan kerja diorganisir dalam tim dan orientasi manusia, yaitu menejemen sangat mengutamakan kinerja karyawan. Dalam hal ini, sarana dan prasarana karyawan sangat diperhatikan.




Lampiran:

Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5506.JPG
Gambar 1.1 Ruangan kerja karyawan.

Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5505.JPG
Gambar 1.2 Ruang kerja karyawan

Foto bersama Legal Officer
Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5508.JPG
Gambar 1.3 Ruangan receptionist

Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5516.JPG
Gambar 1.4 Ruang tunggu atau Lobby

Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5510.JPG
Gambar 1.5 Ruangan receptionist

Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5520.JPG
Gambar 1.6 Ruang tunggu atau Lobby

Description: Macintosh HD:Users:ezzaty:Downloads:IMG_5522.JPG
Gambar 1.7 Ruang tunggu atau Lobby

Komentar

  1. Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Customs Clearance Port
    Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.

    Dote :
    Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
    Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
    Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

    Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
    Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT. HOKA HOKI INDONESIA
    Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
    Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
    Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
    Email : andijm.logistics@gmail.com
    Website : hokahoki.co.id

    Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
    Hp wa. 081908060678, 081385311679

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Microsoft Excel dan Lotus 123

Bakat dan Kreativitas